Sistem
Informasi Manajemen Rumah Sakit
Sistem informasi manajemen rumah sakit
(SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk
menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan
diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi,
penagihan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai
dengan pengendalian olah manajemen.
Manfaat yang didapatkan Rumah Sakit
dengan menggunakan SIMRS ini adalah:
1.
Proses-proses
manajemen rumah sakit bisa terintegrasi antara satu bagian lainnya.
2.
Pengendalian
stok obat dan alkes multi gudang (multi apotek / floorstock) bisa dilakukan
dengan lebih mudah karena posisi stock up to date-nya bisa diketahui setiap
saat.
3.
Riwayat
penyakit dan perawatan pasien bisa dikelola dan dipanggil dengan cepat dan
otomatis.
4.
Analisis
statistik diagnosa dan pembedahan terhadap pasien telah disesuaikan dengan
standard yang telah ditetapkan WHO.
5.
Memudahkan
proses budgeting dan pengendalian realisasinya
.
Hubungan Rekam Medik dengan Manajemen Informasi Rumah
Sakit
Dibidang
kedokteran rekam medis merupakan salah satu bukti tertulis tentang proses
pelayanan yang diberikan oleh dokter. Di dalam rekam medis berisi data klinis
pasien selama proses diagnosis dan pengobatan. Oleh karena itu setiap dokter
wajib mengisi rekam medis dengan benar, lengkap dan tepat waktu. Dengan
berkembangnya evidence based medicine dimana pelayanan medis yang berbasis data
sangatlah diperlukan maka data dan informasi pelayanan medis yang berkualitas
terintegrasi dengan baik dan benar. Sumber utamanya adalah data klinis dari
rekam medis. Data klinis yang bersumber dari rekam medis semakin penting dengan
berkembangnya rekam medis elektronik dimana setiap entry data secara langsung
menjadi masukn dari sistem manajemen informasi kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar