Selasa, 20 Maret 2012

Anggit Swarningtyas



Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit
Sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang disiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit, mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan, database personalia, penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian olah manajemen.
Manfaat yang didapatkan Rumah Sakit dengan menggunakan SIMRS ini adalah:
1.    Proses-proses manajemen rumah sakit bisa terintegrasi antara satu bagian lainnya.
2.    Pengendalian stok obat dan alkes multi gudang (multi apotek / floorstock) bisa dilakukan dengan lebih mudah karena posisi stock up to date-nya bisa diketahui setiap saat.
3.    Riwayat penyakit dan perawatan pasien bisa dikelola dan dipanggil dengan cepat dan otomatis.
4.    Analisis statistik diagnosa dan pembedahan terhadap pasien telah disesuaikan dengan standard yang telah ditetapkan WHO.
5.    Memudahkan proses budgeting dan pengendalian realisasinya
.
Hubungan Rekam Medik dengan Manajemen Informasi Rumah Sakit

Dibidang kedokteran rekam medis merupakan salah satu bukti tertulis tentang proses pelayanan yang diberikan oleh dokter. Di dalam rekam medis berisi data klinis pasien selama proses diagnosis dan pengobatan. Oleh karena itu setiap dokter wajib mengisi rekam medis dengan benar, lengkap dan tepat waktu. Dengan berkembangnya evidence based medicine dimana pelayanan medis yang berbasis data sangatlah diperlukan maka data dan informasi pelayanan medis yang berkualitas terintegrasi dengan baik dan benar. Sumber utamanya adalah data klinis dari rekam medis. Data klinis yang bersumber dari rekam medis semakin penting dengan berkembangnya rekam medis elektronik dimana setiap entry data secara langsung menjadi masukn dari sistem manajemen informasi kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar