Selasa, 13 Maret 2012

Rismawan Wisnu Aji

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN REKAM MEDIS
Dalam perkembanganya sampai saat ini rekam medis bukan hanya sekedar membuat ringkasan pasien keluar, laporan perkembangan, lembar perintah dokter, atau resume. Tetapi juga harus ada laporan langsung dari laboratorium dan farmasi, x-ray, fotografi, video, film, dan rekaman suara / audio juga merupakan bagian dari data klinis seorang pasien. Semua informasi yang dihasilkan tersebut harus digolongkan sebagai bagian dari rekam medis. Kenyataan bahwa data kesehatan saat ini dibuat dan dihasilkan dalam berbagai tipe media menjadikan kewajiban petugas rekam medis. Jadi, memadukan berbagai jenis data untuk membentuk rekam medis yang utuh merupakan tantangan baru.
Manajemen rekam medis telah berkembang menjadi manajemen informasi kesehatan dengan dukungan perkembangan teknologi. System informasi manajemen rekam medis tidak hanya sekedar memberikan informasi saja, tetapi juga melindungi dan menjaga kerahasiaan.  
Menurut Kristianto, 2003 Sistem informasi manajemen merupakan suatu sistem yang biasanya diterapkan dalam suatu organisasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan informasi yang dihasilkan dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen.
Keuntungan system informasi manajemen :
1.      Dapat mementau perkembangan rumah sakit secara akurat
2.      Dapat meningkatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat secara akurat
3.      Rumah sakit tersebut dapat terpantau oleh lembaga-lembaga dari luar negri dan dalam negri sehingga mempermudah lembaga-lembaga tersebut untuk memberikan informasi serta bantuan dana.
4.      Dapat mengangkat brand image rumah sakit
Komponen-komponen yang ada serta dapat mendukung terciptanya tujuan dari suatu system informasi :
1.      Keorganisasian
2.      Manajemen
3.      Teknologi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar