Selasa, 13 Maret 2012


LINA SULISTYAWATI 
SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS

Rekam Medis adalah berkas yang berisi catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan yang telah diberikan kepada pasien (PERMENKES Nomor 269 / MENKES / PER / III /2008).
Sistem adalah suatu jaringan kerja dari produser-produser yang saling berhubungan berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu atau kumpulan dari elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya.
Sistem Informasi adalah suatu sistem yang dibuat oleh manusia yang terdiri dari komponen- komponen dalam organisasi untuk mencapai tujuan yaitu menyajikan informasi, atau dapat juga didefinisikan sebagai sekumpulan prosedur yang pada saat dilaksanakan akan memberikan informasi bagi pengambilan keputusan. (Sabarguna, Boy S. 2003).
Sistem Informasi Rekam Medis adalah sistem penyimpanan informasi mengenai status kesehatan serta pelayanan kesehatan,yang diperoleh pasien sepanjang hidupnya dan tersimpan.

Komponen-komponen Sistem Informasi :
 








a.       Input (masukan)
Input adalah semua data yang dimasukkan kedalam Sistem Informasi. Data tersebut dientri kedalam dokumen, formulir atau file untuk dilakukan pencatatan, penyimpanan, pengujian, serta pengkodean.

b.      Proses
Proses adalah kumpulan prosedur yang akan memanipulasi input untuk disimpan dalam bagian basis data dan diolah agar menghasilakn output.
c.        Output (keluaran)
Output adalah hasil dari model yang sudah diolah menjadi suatu Sistem Informasi yang dapat dipakai penerima dan biasanya berupa laporan.
d.      Tujuan
Tujuan dari Sistem Informasi adalah menghasilkan keluaran (output) yang sesuai dengan tujuan, sehingga dapat dimanfaatkan.

LINA SULISTYAWATI
SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar