Selasa, 13 Maret 2012

sstem informasi kesehatan


nindha yunia
SISTEM INFORMASI KESEHATAN
Definisi SIK
Mengutip pendapat Hurtubise, sistem informasi didefinisikan sebagai sistem yang menyediakan informasi yang spesifik untuk mendukung proses pengambilan keputusan di setiap tingkatan organisasi. Sehingga tujuan akhir sistem informasi kesehatan bukanlah untuk mengumpulkan data dan informasi melainkan memperbaiki tindakan (improve action). Sistem informasi kesehatan adalah seperangkat komponen dan prosedur yang terintrogasi dengan tujuan untuk menghasilkan informasi untuk memperbaiki keputusan manajemen di semua tingkatan organisasi sistem pelayanan kesehatan.
Ruang Lingkup SIK
Sistem informasi kesehatan tersusun atas 2 entitas utama, yaitu :
a.       Pengolahan informasi
Meliputi beberapa komponen:
1.      Pengumpulan data
2.      Pengiriman data
3.      Pengolahan data
Agar pengolahan informasi berjalan secara efisien, struktur manajemen sistem informasi kesehatan diperlukan untuk menjamin penggunaan sumber daya sedemikian rupa sehingga menghasilkan informasi yang bermutu secara tepat waktu.
4.      Analisis data
5.      Presentasi informasi untuk perencanaan dan manajemen
b.      Struktur manajemen system informasi kesehatan
Sistem informasi kesehatan memiliki peran dalam setiap rangkaian pelayanan kesehatan, baik dalam pelayanan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.
Dalam konteks desentrilisasi kesehatan, system informasi pelayanan kesehatan berfungsi untuk mendukung manajemen kesehatan baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten/kota dengan wewenang dan tanggung jawab yang berbeda-beda, baik dari sisi administrasif, penyelenggaraan pelayanan kesehatan maupun ketersediaan sumber daya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar